Kamis, 12 November 2015

KOS-KOSAN DI TAMANSARI, BANDUNG

Sedikit merasa aneh dengan penempatan kos-kosan bagi cowok dan cewek di kawasan tamansari, sekitaran baltos. Cewek disediakan kamar dengan fasilitas lengkap beserta gedung atau bangunan kamarnya yang apik, indah dipandang mata. Sementara cowok, kos-kosan yng disediakan tak beda jauh sama perumahan kumuh. Harga kos-kosannya juga tak beda jauh. Kos-kosan cewek dengan fasilitasnya yang sangat lengkap berkisar pada angka 9-14juta, sementara kos-kosan cowok dengan segala keterbatasannya berada pada angka 4-7juta. Apa salahnya menyediakan kos-kosan yang sama bagi cowok dan cewek dengan harga yang sama dan fasilitas yang sama?

Anggap saja saya sedang curhat mengenai permasalahan mencari kosan di kawasan ini buat adik laki-laki saya. Pencarian kos-kosan dengan fasilitas yang bagus sangatlah susah bagi cowok, dan sangatlah gampang bagi cewek. Bagaimana tidak? Mendapatkan kos-kosan dengan harga 7juta/tahun saja tidak ada satu barangpun yang disediakan oleh pemilik kos-kosan. Semuanya harus dibawa sendiri dari rumah atau beli langsung ke toko. Kamar dengan panjang dan lebar yang tidak seukuran, tekstur dindingnya yang sangat tidak merata, langit-langit kamarnya yang bahkan ketika dihiasi dengan bulan dan bintang hiasan pun tak akan kelihatan indah.

Yaaah, mungkin bagi sebagian orang hal itu tidaklah masalah, yang penting bisa menjadi tempat yang nyaman buat tidur, toh sebagian besar hari sudah dihabiskan di dalam kampus. Bagi saya, tetap saja kos-kosan menjadi rumah kedua bagi kami, anak perantauan. Yang mana bisa dipergunakan sebagai tempat tidur, tempat belajat, tempat santai. Bagaimana bisa nyaman jikalau kondisi kosannya saja tidak mendukung? Yang lebih parahnya lagi, kalau musim hujan selalu ada banjir mendadak hanya karena atap kosannya bocor. Betapa terdiskriminasinya kaum lelaki.

Saya menduga ada beberapa alasan mengapa hal demikian bisa terjadi. Mungkin karena para cewek lebih rapi dari pada cowok, atau karena cewek senang dengan keindahan akhirnya kosan cewek dipercantik sehingga enak dipandang mata. Yaaa tapi tetap aja tidak semua cewek/cowok sama dengan yang diperkirakan. Toh tetap aja pasti ada yang berbeda.

Huufft. Sabar sajalah buat para lelaki yang lagi mencari kos-kosan yang bagus di daerah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar